Manhole Cover untuk Program Sanimas

Masyarakat Indonesia tidak terpisahkan dengan yang namanya limbah kotor teruatama masyarakat di lingkungan kumuh. Masyarakat yang berada di wilayah perkotaan padat cenderung lebih sering berinteraksi dengan limbah kotor dan terserang penyakit.

Pembangunan prasarana dan sarana air limbah permukiman di Indonesia saat ini belum mencapai kondisi yang diinginkan terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah di lingkungan permukiman padat penduduk, kumuh dan rawan sanitasi di perkotaan.

Akses penduduk kepada prasarana dan sarana air limbah permukiman pada dasarnya erat kaitannya dengan aspek kesehatan, lingkungan hidup, pendidikan, sosial budaya serta kemiskinan.


Salah satu solusi dalam penyediaan prasarana dan sarana air limbah permukiman bagi masyarakat berpenghasilan rendah di lingkungan padat penduduk, kumuh dan rawan sanitasi, telah dikenalkan kegiatan SANIMAS (Sanitasi Berbasis Masyarakat), yaitu sebuah program ini merupakan program peningkatan kualitas lingkungan di bidang sanitasi khususnya pengelolaan air limbah yang diperuntukkan bagi kawasan padat kumuh miskin perkotaan dengan menerapkan pendekatan pemberdayaan masyarakat.

Fokus kegiatan SANIMAS adalah penanganan air limbah rumah tangga khususnya tinja manusia, namun tidak tertutup juga untuk menangani limbah cair industri rumah tangga yang dapat terurai secara alamiah seperti industri tahu, tempe dan sejenisnya.

Dalam mendukung program pemerintah SANIMAS tersebut, Futago Teknik menyediakan penutup tampungan limbah, yakni manhole cover. Manhole cover SANIMAS disediakan untuk mengoptimalkan sistem program SANIMAS tersebut. Manhole cover tersebut bisa dipasang tidak hanya pada tampungan limbah saja namun juga dapat dipasang di daerah pemukiman warga yang menjadi sasaran progam SANIMAS.

Sebagai informasi, manhole SANIMAS produksi Futago Teknik terbuat dari bahan cor logam pilihan sehingga terhindar dari bahaya rusak ataupun hilang. Dengan dipasangnya manhole cover SANIMAS, sistem program sanitasi masyarakat tersebut mampu berjalan dengan optimal dan tujuan dari program SANIMAS tersebut mampu tercapai.

0 Komentar

Berikan komentar anda